Content View Hits : 139118

 Kampus Kampungkali

 

We have guests online

Seminar Ilmiah Sitohistoteknologi AAK Theresiana

PDFPrintEmail
20DECEMBER_SHORT2016
Written by

Akademi Analis Kesehatan Theresiana menyelenggarakan Seminar Ilmiah bertajuk “Peran Sitohistoteknologi dalam Diagnosis Penyakit Keganasan” pada hari Sabtu, 17 Desember 2016 bertempat di Gedung Teater Sekolah Theresiana, Jl. Mayjen Sutoyo no. 69 Semarang. Seminar ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan rutin kuliah pakar yang dilaksanakan setiap semester untuk memperluas wawasan keilmuan mahasiswa AAK Theresiana.

Topik yang dipilih ini sejalan dengan keunggulan AAK Theresiana di bidang Sitohistoteknologi, yang tertuang di dalam visi, misi maupun rencana strategisnya. Mahasiswa AAK Theresiana dibekali pengetahuan dan keterampilan Sitohistoteknologi dengan kuantitas dan kualitas yang lebih dibandingkan mahasiswa pada program studi sejenis lainnya. Harapannya, lulusan AAK Theresiana siap kerja sebagai teknisi patologi anatomi yang saat ini masih sangat banyak dibutuhkan di rumah sakit, sementara ketersediaannya masih langka. Belum banyak program studi analis kesehatan yang lulusannya secara spesifik memiliki keunggulan di bidang tersebut. Keunggulan ini perlu disosialisasikan agar semakin banyak calon mahasiswa yang tertarik untuk belajar di AAK Theresiana.

Sitohistoteknologi adalah salah satu bidang di dalam teknologi laboratorium medis yang belum sepopuler bidang-bidang lain, seperti hematologi, kimia klinik maupun imunoserologi. Teknologi ini terutama berperan besar di dalam membantu dokter mendeteksi dan menegakkan diagnosis untuk tumor maupun kanker melalui pemeriksaan sel dan jaringan.

Pengetahuan Sitohistoteknologi juga perlu sebanyak mungkin diperkenalkan kepada masyarakat, agar semakin banyak orang memahami bahwa deteksi dini tumor dan kanker itu sangat diperlukan, agar perkembangan ke arah penyakit yang lebih parah dapat dicegah. Pemahaman Sitohistoteknologi sebagai ilmu dan metode yang sangat penting dalam menegakkan diagnosis kanker harus disampaikan kepada sebanyak mungkin orang, agar semakin banyak orang tertarik dan semakin sadar untuk menjaga kesehatannya.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah dr. Liza Suryani Dewi, Sp.PA., M.Si.Med., patolog di RS Ken Saras dan RS Columbia Asia, yang banyak memberikan penjelasan mengenai keindahan sitohistoteknologi sebagai metode gold standard untuk menegakkan diagnosis penyakit keganasan. Narasumber kedua adalah Suwarto, S.KM., M.Kes., praktisi laboratorium patologi anatomi RS Dr. Muwardi Solo, yang membagikan pengalaman-pengalaman menarik sebagai teknisi sitohistoteknologi. Materi dari kedua narasumber ini sangat membangkitkan rasa ingin tahu peserta, sehingga ada banyak pertanyaan yang disampaikan. Untuk memeriahkan acara, kelompok UKM Paduan Suara AAK Theresiana juga unjuk kebolehan memperdengarkan suara emasnya untuk menghibur peserta seminar.

Kegiatan seminar ini diikuti oleh seluruh mahasiswa AAK dan para siswa SMK Theresiana Kompetensi Analis Kesehatan. Sebelum acara diawali dengan interactive challenges dengan membuat preparat sitologi bagi siswa SMK, photobooth competition dan lomba desain barang dengan menggunakan gambaran mikroskopis preparat sitohistoteknologi. Acara diakhiri dengan pembagian hadiah untuk para juara lomba, doorprize dan makan malam bersama.

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL